Senin, 19 April 2010

Istilah Dalam Internet
1.
ADN - Advanced Digital Network
2.
ADSL - Asymetric Digital Subscriber Line

3. ARPANet - Advanced Research Projects Agency Network

4. ASCII - American Standard Code for Information Interchange

5. Backbone - Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.

6. Bandwidth - Besaran yang menunjukkan banyaknya data yang dapat dilewatkan di suatu saluran komunikasi pada network dalam satuan waktu tertentu.

7. Bit - BInary digit

8. bps - Bit Per Seconds

9. Broadband - Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.

10. Browser - Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web

11. Byte - Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

12. cgi-bin - Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan.

13. DSL - Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon regular

14. Downstream - Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.

15. Email - Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet

16. Firewall - Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.

17. FTP - File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet

18. Home Page/Homepage - Halaman muka dari sebuah situs web

19. HTML - Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.

20. HTTP - Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web
21.
HTTPD - Lihat World Wide Web.
22. Intranet - Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.
23.
ISP - Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet.
24. Login - Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).
25. MIME - Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar